Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Mengapa Batu Bata Dipasang Zig-Zag ? Ini Alasannya.

      Hallo Civil. Sebelumnya ATS ucapkan terimakasih telah berkunjung kembali di website ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai "Mengapa Batu Bata/Pasangan bata dipasang zig-zag atau berserling ?. Pernahkah pertanyaan tersebut timbul saat anda mengamati proses kegiatan konstruksi khususnya pada pekerjaan dinding. Coba perhatikan di sekitar saudara 100% pemasangan pasangan bata dipasang zig-zag. perhatikan gambar dibawah ini.



Ada beberapa alasan mengapa pasangan batu bata dipasang zig-zag. jika menurut anda pemasangan batu bata agar tembok tidak mudah runtuh, pendapat tersebut tidak salah. Jadi memang jika pasangan batu bata tidak dipasang zig-zag maka akan terbentuk jalur acian yang lurus. maka hal ini rentan terhadap keretakan dikarenakan spesi tidak sekuat batu bata dalam menahan retakan yang timbul. Oleh sebab itu dibuat zig-zag agar apabila terjadi retakan maka jalur retakan akan lebih panjang dibandingkan dengan pasangan batu bata tidak zig-zag.

Namun sebenarnya mengapa pasangan batu-bata dipasang zig-zag itu bertujuan untuk mendristribusikan gaya-gaya yang bekerja pada pasangan bata akibat dari lendutan balok(Sedikit sekali)/ gaya luar / berat dari pasangan bata tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi dibawah ini.


Bisa dilihat dari sekema gambar di atas. dengan dibuat zig-zag batu bata dapat saling mendukung dalam menahan beban dari batu bata diatasnya. dan berdasarkan distribusi gaya tersebut setiap bata seolah-olah terikat olah bata yang lainnya. Hubungan inilah yang membuat batu bata yang disusun tidak lurus atau zig-zag dapat lebih kuat dibandingkan dengan batu bata yang disusun bertumpuk seperti gambar dibawah ini.



Demikianlah artikel diatas semoga bermanfaat dan berguna. serta menambah wawasan.
Baca Juga
Share:

1 comment:

Artikel Terbaru