Selamat datang di Area-Teknik Sipil. didalam website ini tersedia konten konten yang berhubungan dengan dunia Konstruksi, Teknik sipil dan Arsitek.

Cara Menghitung Kebutuhan Zak Semen

Hallo Civils, Tahukah kalian bagaimana cara menghitung kebutuhan semen yang harus dipesan untuk suatu pekerjaan konstruksi ?? berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan semen yang harus dipesan. Namun sebelum membahas perhitungan tersebut kita harus mengetahui rasio proporsi campuran antara komponen penyusun semen atara lain : Semen Portland (PC), Pasir (Agregat Halus), Agregat Kasar (Split, Krikil). Biasanya komposisi campuran yang sering digunakan dilapangan yaitu perbandingan 1:2:3 dan 1:2:4. 


Maksud dari perbandingan diatas adalah sebagai contoh kita ambil perbandingan 1 : 2 : 4. perbandingan tersebut memiliki arti bahwa setiap 1 ember semen harus dicampur dengan 2 ember pasir dan 4 ember kerikil/split ditambah dengan sejumlah air. Untuk campuran dengan perbanding yang lainnya ada dapat membutnya dengan mix design anda sendiri. 

Untuk mempermudah penghitungan kebutuhan dapat menggunakan tabel dibawah ini. (Tabel dibawah ini tidak teliti, mohon gunakan panduan dari SNI)





Sebagai contoh perhitungan simak penjelasannya sebagai berikut..

Soal..
Hitunglah berapa banyak zak semen yang dibutuhkan untuk membangun jalan rabat beton dengan sepesifikasi sebagai berikut, campuran 1 : 2 : 4 dan direncanakan mengunakan semen 50 kg/zak


Langkah pertama hitunglah volume pekerjaan bangunan jalan diatas :
V = 80 x 1 x 0,15 = 12 m3

Kebutuhan semen yang digunakan adalah 6,5 zak / m3, jadi total semen yang dibutuhkan dapat dihitung dengan = 12 m3 x 6,5 zak/m3 = 78 zak semen dengan ukuran 50 Kg/zak..

Semoga bermanfaat dan menambahwawasan... Apabila ada kesalahan dalam penulisan silakan berikan komentar dibawah artikel ini Terimakasih...

Ref : jumantoro


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Terbaru